SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERNIAGA (DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB)

Senin, 22 Juli 2013

PLPBK

BKM adalah lembaga masyarakat warga (Civil Society Organization), yang pada hakekatnya mengandung pengertian sebagai wadah masyarakat untuk bersinergi dan menjadi lembaga kepercayaan milik masyarakat, yang diakui baik oleh masyarakat sendiri maupun pihak luar, dalam upaya masyarakat membangun kemandirian menuju tatanan masyarakat madani (civil socitey), yang dibangun dan dikelola berlandaskan berbasis nilai-nilai universal (value based). Sebagai wadah masyarakat untuk bersinergi, BKM berbentuk pimpinan kolektif, dimana keputusan dilakukan secara kolektif melalui mekanisme rapat anggota BKM, dimana musyawarah mufakat menjadi norma utama dalam seluruh proses pengambilan keputusan. Sedangkan sebagai lembaga kepercayaan ('board oftrustee'), anggota-anggota BKM terdiri dari orang-orang yang dipercaya warga, berdasarkan kriteria kemanusiaan yang disepakati bersama dan dapat mewakili masyarakat dalam berbagai kepentingan, termasuk kerjasama dengan pihak luar.
Dengan demikian, kedudukan dan posisi BKM adalah sebagai lembaga masyarakat yang benar-benar dibangun dari, oleh dan untuk masyarakat sebagai representasi upaya-upaya untuk membangun sinergi segenap potensi masyarakat menuju tatanan masyarakat madani, yang senantiasa berbasis nilai-nilai universal kemanusiaan. 
Berangkat dari pemaparan diatas BKM Benang Emas Desa Bajur telah melaksanakan Tahapan-tahapan kegiatan sesuai amanah yang diemban sejak berdirinya Tahun 2007 hingga saat ini. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan pasti terdapat suka dan dukanya, kendati demikian BKM Benang Emas Alhamdulillah tetap eksis hingga detik ini. Hal ini dibuktikan dengan kepercayaan Pemerintah Pusat melalu Kementrian Pekerjaan Umum untuk mengelola Dana PLPBK, yang pada tahun 2009 di  percayakan juga untuk mengelola Dana Paket.
Dengan telah resminya BKM Benang Emas menjadi prioritas di Kecamatan Labuapi melalui kompetisi dari 12 Desa yang ada dibawah Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Maka BKM beserta Pemerintahan Desa Bajur segera melaksanakan Sosialisasi dan perekrutan Kelomok Swadaya Masayarakat . 
Namun sebelumya bila anda ingin tahu tentang PLPBK (silahkan diklik) dan bagaimana proses serta tanggung jawab dari program tersebut (silahkan diklik juga) lalu siapa yang melakukan pekerjaannya (silahkan diklik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar