SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERNIAGA (DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB)

Selasa, 23 Juli 2013

konsepsi

Inti kegiatan dalam tahap ini dilakukan setelah adanya penetapan lokasi sasaran. Pada tahap persiapan, sosialisasi kegiatan dilakukan melalui berbagai media dengan penekanan pada lokakarya orientasi kegiatan secara berjenjang didaerah. Hal ini didukung dengan keterlibatan SKPD melalui pembentukan Tim Teknis Pemda Tingkat Kota/Kabupaten serta keterlibatan dalam Tim Inti PLPBK di tahap perencanaan, pemasaran dan pelaksanaan pembangunan.
Tim Teknis Pemda adalah tim kerja yang dibentuk oleh pemerintah daerah setempat, beranggotakan unsur-unsur dinas yang terkait dengan perencanaan pembangunan dan pengembangan ekonomi, lingkungan permukiman dan pemberdayaan masyarakat. Secara umum Tim Teknis berfungsi sebagai fasilitator, dinamisator, serta nara sumber, yang mempertemukan antara pihak masyarakat (didukung oleh Tim Inti PLPBK) dengan pemerintah daerah. Hal-hal yang perlu di fasilitasi dan di mediasi oleh Tim Teknis ini setidaknya adalah hal-hal yang terkait dengan kebijakan pemerintah daerah (RTRW kota/kabupaten, kebijakan investasi daerah dll), teknis penyusunan rencana masyarakat, serta kedudukan hasil-hasil kesepakatan masyarakat terhadap peraturan-peraturan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.
Sedangkan Tim Inti PLPBK merupakan tim kerja yang dibentuk oleh masyarakat yang sekurang-kurangnya memenuhi unsur kelurahan/pemerintah desa, BKM/LKM, pemangku kepentingan dan atau kelompok peduli tingkat kelurahan/desa, serta perwakilan dari SKPD, yang berfungsi menjembatani kepentingan masyarakat kelurahan/desa dengan pemerintah daerah dan institusi swasta yang berkompeten (minimal masing- masing unsur diwakili oleh satu orang yang tetap selama pelaksanaan PLPBK).
Tim Inti PLPBK ini terdiri atas Tim Inti Perencanaan Partisipatif (TIPP), dan Pokja. Tim Inti tersebut akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan waktu pelaksanaan kegiatan oleh masyarakat. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalah tahap Konsepsi yaitu 
  1. Persiapan dan 
  2. Refleksi Perkara Kritis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar