SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERNIAGA (DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB)

Jumat, 23 Agustus 2013

STRATEGI PEMASARAN DESA BAJUR

Pada  dasarnya  social  marketing  adalah  strategi  “menjual”  gagasan  untuk mengubah pemikiran,  sikap  dan  perilaku  masyarakat.
Pada prinsipnya, praktik pemasaran sosial tak ada artinya apabila kemitraan tidak  dijadikan  tujuan  organisasi.  Demikian  pula  tak  ada  artinya  upaya  mengubah perilaku melalui pemasaran sosial apabila tidak diikuti atau dilanjutkan dengan upaya mendorong  tersusunnya  sebuah  kebijakan.  Yang  jelas  penerapan  social  marketing, tujuannya   bukan   semata-mata   fund  raising   (memperoleh   dana)   karena   dalam kenyataan social marketing juga berarti menyampaikan gagasan secara efisien dan tepat.

TUJUAN DISUSUNNYA DOKUMEN STRATEGI PEMASARAN DESA BAJUR
  1. Adanya guiden atau pedoman bagi masyarakat dalam memasarkan ide-ide, baik kepada masyarakat sendiri (perubahan prilaku) maupun pihak luar (membangun kepercayaan/ building trust)
  2. Memberikan pemahaman masyarakat tentang pembelajaran pemasaran, khususnya pemasaran sosial dan ide-ide untuk mewujudkan cita-cita bersama.
  3. Membuka akses bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan proses pemasaran PLPBK.
  4. Mewujudkan “kepedulian” masyarakat dalam paya-upaya penanggulangan kepadatan, kekumuhan dan kemiskinan pada khususnya serta mewujudkan sumberdaya yang ada lebih maksimal.
  5. Memberikan ruang bagi masyarakat untuk memasarkan hasil perencanaan dan gagasan/ide yang telah disusun melalui kegiatan/event yang lebih kreatif dan inovatif.
Berikut ini isi dokumen pemasaran desa Bajur terdiri atas beberapa pembahasan (silahkan diklik untuk mengetahui detailnya) :
  1. GAMBARAN DESA BAJUR SECARA UMUM (HASIL PS)
  2. PROFIL BKM BENANG EMAS
  3. STRATEGI PEMASARAN DESA BAJUR 
  4. GAGASAN PENGEMBANGAN DESA BAJUR 
  5. IDENTIFIKASI POTENTIAL PARTNER
  6. PRODUCT KNOWLEDGE IDENTITY (VISI DAN MISI)
  7. ANALISA SWOT
  8. PENEMPATAN PRODUK
  9. TARGETING PEMASARAN (INTERNAL & EKSTERNAL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar