SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERNIAGA (DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB)

Sabtu, 24 Agustus 2013

TARGETING

1. JANGKA PENDEK
A. Pemasaran Internal
Targeting pemasaran internal pada dasarnya difokuskan pada bagaimana kerja-kerja pembelajaran “edukasi” kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang sekiranya mudah untuk dipahami, menarik dan berkelanjutan sehingga masyarakat dapat tergugah serta kegiatan-kegiatan pembelajaran kemasyarakat dapat berjalan secara mandiri dan berkelanjutan (perubahan prilaku).
  1. Kondisi Eksisting Desa Bajur diketahui dan dipahami oleh masyarakat Desa Bajur dan pihak luar (potential partner, lembaga/dinas terkait dan stakeholders lainnya) melalui rembuk, kegiatan survey, FGD dan sosialisasi.
  2. Masyarakat mengetahui arah pembangunan Desa Bajur kedepan dan memahami visi/cita-cita  yang ingin diraih bersama yang kemudian dibarengi dengan sosialisasi, MLM strategi, dan penyebarluasan “Brand” Desa Bajur. Harapanya masyarakat dapat memperkuat Brand-nya sendiri sehingga orang luar dapat lebih mengenal Desa Bajur.
  3. Menanamkan paradigma kepada berbagai pihak di dalam Desa Bajur (lembaga desa, kelompok sosial masyarakat, tokoh-tokoh, kelompok peduli lainnya dan masyarakat luas), bahwasannya Desa Bajur memiliki masalah yang harus dapat ditangani,  potensi untuk dapat dikembangkan dan dapat memanfaatkan peluang dalam upaya perubahan prilaku, peningkatan ekonomi masyarakat maupun pembangunan sarana prasarana desa.   
  4. Penguatan Kapasitas Tim, Unit Pendukung dan Alat-alat Bantu Pemasaran yang bertujuan agar pelaksanaan pemasaran dapat dijalankan bersama masyarakat, terbentuknya dan siapnya masyarakat menjadi “DUTA” serta kesiapan keberlanjutan secara mandiri pada masa mendatang.
  5. Tim Pemasaran beserta unit-unit pendukungnya melaksanakan kerja-kerja Edukasi Percepatan Perubahan Prilaku kepada masyarakat melalui :
  • Pengembangan kapasitas warga melalui kegiatan pelatihan, simulasi, lomba-lomba antar dusun/kawasan dan lainnya.
  • Pengembangan media-media warga melalui media-media yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk menyebarkan informasi, seperti pengajian, buletin, baleho, spanduk dan lainnya.
B. Pemasaran Eksternal
Tim Pemasaran beserta unit-unit pendukungnya melaksanakan kerja-kerja “Advokasi dan  Menggagas Kemitraan” melalui :
  1. Melaksanakan serangkaian kegiatan yang bersifat sosialisasi, lobi, konsultasi publik dan persentasi kepada Tim Teknis Pemda (Pemerintah Daerah) terkait legalitas atau pengakuan terhadap hasil perencanaan masyarakat.
  2. Memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah melalui Tim Teknis Pemda, bahwasannya pelaksanaan pemasaran PLP-BK, posisi dan kedudukan Tim Teknis Pemda sebagai mitra/partner masyarakat dalam proses memasarkan gagasan dan hasil perencanaan kepihak-pihak lainnya (Pemprov, Pusat, BUMN, Swasta, dan lainnya).
  3. Penggalangan kemitraan sumber daya yang berasal dari Pemda, Pemprov dan Swasta sesuai dengan proposal maupun kebutuhan pembangunan yang diajukan oleh masyarakat sebagai bentuk aplikasi dari hasil perencanaan yang telah disusun.
2. JANGKA PANJANG
A. Pemasaran Internal
Tim Pemasaran beserta unit-unit pendukungnya melaksanakan kerja-kerja “Edukasi Kesiapan Masyarakat Menuju Cita-Cita (Visi) Bersama” melalui :
  1. Sosialisasi gagasan perubahan sosial yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan melalui metode MLM strategy, desiminasi, pameran dan lainnya ditingkat desa atau kawasan.
  2. Pemulihan modal sosial warga yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan melalui pengembangan kegiatan-kegiatan yang dapat menggugah kebersamaan, seperti hari gotong royong, hari berniaga, mengadakan bazzar murah dan lainnya.
  3. Tumbuhnya Lembaga-lembaga dan kelompok-kelompok sosial yang peduli terhadap upaya pembangunan desa (fisik, sosial dan ekonomi) dan penangulangan kemiskinan.
 B. Pemasaran Eksternal
Tim Pemasaran beserta unit-unit pendukungnya melaksanakan kerja-kerja “Kemitraan Berkelanjutan” melalui :
  1. Menjalin kemitraan sumber daya yang dilakukan secara berkala, berkelanjutan dan lebih luas oleh masyarakat bersama berbagai pihak (Pemda, Pemprov, Pemerintah Pusat, Swasta (Perusahaan & Kelompok Peduli) Lembaga Donatur (CSR) dan lainnya.
  2. Masyarakat Desa Bajur melalui lembaga dan kelompok sosial dapat membangun kepercayaan semua pihak dalam pembangunan desa (fisik, sosial dan ekonomi).
  3. Masyarakat Desa Bajur memiliki karakteristik tersendiri dan identitas yang kuat sehingga akan muncul Brand-Brand lainnya dan dapat dikenal oleh semua pihak (dalam negeri dan luar negeri)


1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Find Harrah's 전라남도 출장마사지 Cherokee Casino & Hotel, Murphy and other Murphy, North Carolina real 서귀포 출장마사지 estate in realtime and see activity.What are the check-in 양주 출장안마 and check-out times at Harrah's 과천 출장샵 Cherokee Casino & 상주 출장안마 Hotel?

    BalasHapus