SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERNIAGA (DESA BAJUR KEC. LABUAPI KAB. LOBAR NTB)

Kamis, 22 Agustus 2013

Penggalian Visi & Cita-Cita Kelurahan/Desa

Untuk penggalian Visi dan cita-cita kelurahan desa dilaksanakan dengan melaksanakan lomba visi antar dusun, dimana terlebih dahulu dijelaskan kepada masing utusan dusun tentang apa itu Visi dan Misi serta apa cita-cita dari masyarakat dusun itu terhadap dusunnya sendiri. Adapun yang melatar belakangi kegiatan dilakasnakannya lomba visi antar dusun ini adalah :
Sesuai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan PLP-BK, yaitu : “Mewujudkan perbaikan kualitas hidup masyarakat melalui penataan lingkungan permukiman yang teratur, aman dan sehat”. Berdasarkan hal tersbut diatas maka kami mencoba untuk secara bertahap memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat memberikan ide-ide atau gagasan perencanaan yang kemudian dapat dijadikan visi atau cita-cita masyarakat Desa Bajur kedepan.
Secara Umum tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Lomba Perencanaan ini adalah sebagai salah satu upaya / media bantu untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam memberikan masukan dan ide bagi tersusunnya Visi dan Cita-Cita Desa Bajur.
Metode yang digunakan dalam kegiatan Lomba Perencanaan Dusun yakni dengan MEMBERIKAN RUANG KEPADA MASYARAKAT yang ada di masing-masing dusun untuk MERENCANAKAN DUSUNNYA SECARA KREATIF DAN INOVATIF, BAIK DALAM PENANGANAN MASALAH MAUPUN PENGEMBANGAN POTENSI YANG DIMILIKI.
  1. Dalam kegiatan Lomba Pelaksanaan dilakukan dengan partisipatif (rembuk warga) dengan adanya bukti Absensi dan Dokumentasi Pelaksanaan
  2. Perencanaan untuk mewujudkan mimpi masyarakat secara kreatif, inofatif serta ide-ide yang cemerlang atau “ide-ide gila”, diantaranya : 
  3. Terdapat Rencana langkah-langkah yang dilakukan dalam penanganan masalah yang dihadapi 
  4. Terdapat Rencana pengembangan potensi yang ada
  5. Terdapat awik-awik yang dapat dijadikan aturan bersama warga dusun untuk penanganan masalah dan pengembangan potensi Terdapat visi dan misi yang disajikan masing-masing dusun yang terkait langsung dengan rencana penanganan masalah & pengembangan potensi 
Selanjutnya silahkan klik hasil Lomba Dusun untuk mengetahui proses penggalian visi dan cita kelurahan desa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar